Penting Cara Merawat Septic Tank Agar Tidak Mudah Penuh


Cara Merawat Septic Tank Agar Tidak Mudah Penuh - Pastinya anda sudah pernah mendengar istilah septic tank atau tangki septic, akantetapi masih banyak orang yang kurang begitu paham apa yang dimaksud dengan septic tank. Pengertian septic tank adalah bangunan untuk menampung limbah yang digelontorkan dari WC ( water closet). Kontruksi septic tank terdiri dari tangki pengumpul dan bidang resapan. 

Penting Cara Merawat Septic Tank Agar Tidak Mudah Penuh
Biasanya septic tank dibangun di bawah permukaan tanah baik depan rumah maupun belakang rumah , misalnya dibawah garasi , atau di bawah taman depan rumah yang biasanya ditutupi oleh rumput hijau penghias halaman. 

Septic tank berfungsi untuk tempat penampungan kotoran dari kloset, peresapan kotoran ket tanah, mencegah bau tidak sedap dari kotoran manusia selama beberapa waktu yang tidak ditentukan. Jika dirawat dengan baik , septic tank akan awet tanpa dilakukan penyedotan. 

Septic tank berfungsi sebagai tempat penampungan kotoran dari kloset, peresapan kotoran ke tanah, mencegah bau yang tidak sedap dari kotoran manusia selama beberapa waktu yang tidak ditentukan. Jika tidak bermasalah, maka septic tank akan awet tanpa dilakukan penyedotan.  Jika septic tank penuh , tinja dapat disedot menggunakan mobil tinja dengan menghubungi jasa sedot wc jakarta selatan atau ditimba menggunakan ember.   

Cara Merawat Septic Tank Agar Tidak Mudah Penuh 


Septic tank merupakan bagian penting dari proses pengelolaan limbah domestik di sebuah rumah. Oleh karena itu penting sekali kita tahu caranya merawat septic tank agar tidak mudah penuh . 
Lalu bagaimana cara merawat septic tank yang baik dan benar  agar tidak mudah penuh ? yuk ikuti langkah-langak berikut ini :   

  1. Jangan buang sampah seperti tisu , pembalut , kantong kresek , puntung roko dll kedalam septic tank . karena akan mengakibatkan saluran pembuangan kloset keseptic tank tersumbat. 
  2. Jangan bunuh mesin septic tank yaitu bakteri pengurai limbah yang tumbuh dan berkembang alami didalam septic tank dengan cara membuang cairan deterjen dan pemutih kedalam septic tank. 
  3. Menggunakan air seperlunya , air yang berlebih akan mempercepat penuhnya  septic tank yang mengakibatkan tidak efektifnya kinerja sistem septic tank.  Bakteri pengurai limbah septic tank memerlukan waktu retensi untuk mengelolah limbah. 
  4. Jadwalkan penyedotan septic tank secara berkala , biasanya untuk rumah standar 1 tahun sekali. 
  5. Menambahkan septic tank dengan bakteri khusus yang disain khusu untuk mempercepat proses penguraian limbah minimal enam bulan sekali. 
  6. Jika septic tank sudah penuh silahkan menghubungi nomor telepon jasa sedot wc profesional terdekat untuk mengurasnya. 

Demikianlah pengertian septic tank dan cara merawat septic tank agar tidak mudah penuh. Meskipun terlihat spele keberadaan septic tank di sekitar kita sangatlah penting . marilah kita sama-sama aktif menjaga kesehatan lingkungan dimulai dari menjaga dan merawat septic tank. 

1 Response to "Penting Cara Merawat Septic Tank Agar Tidak Mudah Penuh "

  1. Salam kenal juga dari CV. ABADI MALANG. Semoga sukses...

    BalasHapus